PWI Ingatkan Menteri Teten Masduki agar Perhatikan UKM Mikro Penjual Kopi dan Warung

Jumat, 13 Mei 2022 11:05 WIB

Share
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. /Dok. kemenkopukm.go.id
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. /Dok. kemenkopukm.go.id

INFO UMKM - Public Watch Integrity (PWI) mengingatkan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, khususnya yang mengurusi usaha mikro.

Keberadaan mini market saat ini sudah begitu banyak tersebar di seluruh daerah. Bahkan hingga ke jalan-jalan kecil. Bahkan letaknya pun bisa berdekatan dengan pasar.

Dan menjamurnya mini market membuat pedagang kecil dan toko kelontong menjadi resah karena penjualannya yang menurun.

Warung kopi pun juga merasakan hal yang sama karena mini market saat ini banyak yang telah mengembangkan fungsinya, tidak sebagai toko swalayan saja.

Mini market jaman now, sudah semacam coffee. Tanpa urus pajak, sudah menjual kopi seduh dan menyediakan tempat tempat duduk untuk customer istirahat dan menikmati kopinya.

Mini market Jual Makanan Mirip Coffee Menjamur

PWI ingatkan, dampak dari itu, bahkan saat ini juga ada mini market yang menjual makanan cepat saji seperti mie seduh dan makanan lainnya dan hal itulah yang dianggap pedagang kecil mengancam penjualan mereka.

Sebelum terlambat, PWI menyarankan kementerian UKM di bawah Teten Masduki memperhatikan hal semacam ini. Agar fenomena minimarket ala kafe tak menggeser warung kopi tradisional. 

Pemerintah sudah bagus dengan menggalakkan program peningkatan usaha mikro, tapi dengan adanya hal ini, pemerintah harusnya sadar ada dampak ke UKM Mikro.

Bagaimana peran Menteri Perdagangan atau Kemenkeu Pajak

Halaman
Reporter: Admin Info Umkm
Editor: Admin Info Umkm
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar